Gagal Jadi PNS

Agustus 2014

Saya mendapat pesan di salah satu grup WA yang kurang lebih isinya sebagai berikut:

“Lowongan dosen PNS ilmu komputer di universitas Z, min S2. Berminat hubungi pak Budi di 081223456789”

Wah, kebetulan saya baru lulus S2 dari Fasilkom UI, dan saya memang berminat menjadi dosen. Tanpa pikir panjang, saya pun segera mengirim pesan WA ke Pak Budi (bukan nama sebenarnya) yang kemudian saya ketahui beliau adalah seorang dosen PNS di universitas Z tersebut. Saya memperkenalkan diri panjang lebar, dan menanyakan terkait lowongan dosen tersebut. Beliau hanya menjawab singkat:

“silakan mas Faiq ikuti proses seleksi CPNS nasional tahun ini.”

Baiklah, saya pun langsung melihat informasi terkait seleksi CPNS di website, terutama website KemenristekDikti yang membuka lowongan untuk tenaga Dosen. Dan ternyata benar, ada 1 lowongan dosen Ilmu Komputer di Universitas Negeri Z. Ya, hanya 1 lowongan.

Bismillah, saya pun mempersiapkan hal-hal terkait seleksi CPNS tersebut. Saya membeli buku khusus untuk latihan soal-soal CAT (Computer Aided Test), yang mencakup Tes Intelejensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi, dan Tes Wawasan Kebangsaan. Saya luangkan waktu selama kurang lebih 1 bulan untuk mengerjakan soal-soal latihan di buku tersebut.

Pak Budi juga mengirimkan beberapa softcopy latihan (kisi-kisi) soal tes CAT tersebut melalui email. Baik sekali beliau mau membantu saya..

Akhirnya, bulan September 2014 saya pun mengikuti tes CAT yang diadakan di salah satu gedung KemenristekDikti di Tangerang Selatan. Alhamdulillah, skor langsung diumumkan di akhir pelaksanaan tes, dan saya lolos ke tahap seleksi berikutnya.

“Alhamdulillah saya lolos tes CAT. Berikutnya hanya tahap administrasi dan wawancara. Saya sudah lulus S2, harusnya tidak ada masalah. Di tahap wawancara kemungkinan besar akan bertemu pak Budi, harusnya rekomendasi beliau nantinya akan memudahkan proses ini.” Pikir saya waktu itu.

Tahap perikutnya setelah CAT adalah tahap seleksi administrasi. Saya harus mengirim berkas seperti ijazah dan transkrip S1, ijazah dan transkrip S2, surat lamaran, dan sebagainya melalui pos ke Universitas Z langsung.

Akan tetapi, sebulan setelah saya wisuda S2, saya belum bisa mendapatkan ijazah S2 saya. Ketika saya tanya ke fakultas, jawabannya adalah karena institusi yang memberikan beasiswa S2 saya belum membayarkan biaya pendidikan untuk semester terakhir, sehingga universitas masih menahan ijazah saya dan beberapa teman lainnya yang mendapatkan beasiswa dari institusi tersebut.

Saya pun minta bantuan Dekan Fasilkom saat itu supaya bisa melobi pihak terkait di tingkat universitas untuk segera menerbitkan ijazah saya dan yang lainnya. Saya juga sempat menghubungi pihak kemahasiswaan di rektorat untuk minta bantuan terkait hal ini. Akan tetapi, upaya-upaya tersebut rupanya tidak membuahkan hasil. Mereka mengatakan bahwa urusan ini adalah urusan bagian keuangan dengan institusi pemberi beasiswa.

Saya juga menyampaikan kondisi ini ke pak Budi. Di luar dugaan saya, beliau dengan sigapnya bertanya, “berapa biaya yang harus dibayar ke universitas untuk menebus ijazah kamu?”

Akan tetapi saya menolak tawaran dari beliau tersebut. Saya mengatakan akan mencoba upaya lain. Pada akhirnya, saya pun mengirim berkas-berkas yang diminta ke universitas Z. Ijazah S2 yang harusnya saya kirim, diganti dengan selembar surat keterangan yang ditandatangani oleh Dekan Fasilkom. Isi surat tersebut adalah pernyataan bahwa saya benar-benar sudah lulus magister dan penyampaian alasan kenapa ijazah S2 saya belum bisa saya terima.

Hasilnya pun bisa ditebak, saya tidak lolos seleksi administrasi, yang artinya saya tidak lolos seleksi CPNS Dosen universitas Z.

Kecewa? Tentu saja. Saya melewatkan kesempatan berharga menjadi dosen PNS karena gosipnya, tahun-tahun berikutnya akan diadakan moratorium. Tapi saya yakin bahwa ini adalah yang terbaik dari Allah. Di episode berikutnya, tahun 2016, Alhamdulillah saya dimudahkan mendapatkan beasiswa studi doktoral LPDP 🙂

Banyak hikmah yang bisa dipetik dari kejadian ini…

 

sumber gambar : https://www.edunews.id
Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

Up ↑

